Arab Saudi Bakal Bangun Pesantren dan Rumah Sakit di Gorontalo

  • Bagikan
investor arab saudi investasi di gorontalo sulawesi
Investor Arab Saudi berencana menanamkan modal di Provinsi Gorontalo/Foto: Benteng Ulanta Gorontalo/Istimewa.

GORONTALO, INDOtayang.COM–Investor Arab Saudi berncana menanamkan modalnya untuk investasi pada sektor perdagangan, pendidikan, dan kesehatan di Provinsi Gorontalo, Sulawesi.

Rencana investasi tersebut disampaikan investor dari Arab Saudi, Abdurrahman Al Umairi dan Salman Al Mujaidi kepada Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahin saat melakukan pertemuan, di Gorontalo, Senin (5/7/2021).

“Untuk awal, fokus investasi kami adalah bidang kesehatan, pendidikan, dan perdagangan. Dan selanjutnya nanti investasi ini kami kembangkan sesuai potensi yang ada di sini,’ ujar Abdurrahman Al Umairi.

Menurut Abddurrahman, nantinya dalam satu kawasan di Kabupaten Gorontalo pihaknya akan segera membangun fasilitas pendidikan dan rumah sakit bertaraf internasional.

Kata dia, fasilitas pendidikan berupa pesantren yang bakal dibangun tersebut untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga perguruan tinggi.

“Seperti di Sukabumi Jawa Barat, di sana kami bangun Arraayah. Tentu adalah obsesi bagi kami, bahwa kampus yang akan didirikan ini juga bisa mengharumkan nama Gorontalo dan Sulawesi di dunia internasional. Dan kami sudah mepersiapkan proses pembangunan pesantren itu, setelah semua siap nanti akan dimulai,” ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, investor Arab Saudi itu juga menyanggupi permintaan Wagub Idris Rahim, yakni agar putra putri di wilayahnya bisa difasilitasi mendapatkan beasiswa pendidikan di kampus-kampus yang ada di Mekkah dan Madinah.

Mahasiswa Gorontalo yang akan melanjutkan pendidikan ke Mekkah dan Madinah nantinya akan dibiayai secara penuh dari awal pendidikan sampai akhir kuliah, termasuk untuk biaya hidupnya.

Promosi potensi daerah
Dalam kesempatan itu, Wagub Idris Rahim menyampaikan beberapa potensi wilayahnya, seperti di bidang pertanian dan perikanan.

Di sektor pertanian, Idris berharap investor dari Arab Saudi dapat membangun pabrik pakan ternak agar bisa menyerap produksi pertanian yaitu jagung yang mencapai 1,8 juta ton per tahun.

“Rencana investasi dari Arab Saudi ini tentu kami sambut baik dan mendukungnya. Tentunya juga investasi ini sangat dibutuhkan, agar perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo semakin meningkat lagi,” ucapnya.(Jack)

  • Bagikan