Tips Mendidik Anak Berdasar 3 Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW

  • Bagikan
kisah kehidupan teladan nabi muhammad saw dalam mendidik anak
Kehidupan Nabi Muhammad SAW memiliki banyak pembelajaran kisah teladan yang baik bagi pembentukan sifat anak senantiasa memberikan contoh/ Foto: Istimewa

SULAWESI.INDOtayang.COM,– Kehidupan Nabi Muhammad SAW ini memang memiliki banyak pembelajaran yang baik dalam hal mendidik  anak. Beberapa keteladanan dari Nabi Muhammad SAW yang bisa Bunda ceritakan Sebagai orang tua kepada anaknya.

Kita semuanya tentunya menginginkan agar anak tumbuh dengan sehat dan memiliki sifat yang baik. Tumbuh kembang anak ini mendapatkan pengaruh yang amat besar dari keluarga, lingkungan, dan teman-temannya.

Oleh karena itu, Kita harus senantiasa memberikan pembelajaran contoh melalui tindakan serta memberikan pengajaran tentang nilai-nilai yang baik.

Selanjutnya yang bisa kita lakukan, salah satunya menjalin komunikasi yang hangat dengan anak.

Biasakan untuk mendengarkan apapun yang anak katakan dan juga berikan reaksi yang membuat anak tidak merasa diabaikan.

Selain itu, Kita juga bisa memberikan cerita atau kisah yang tidak hanya menarik, tetapi juga mengandung nilai moral yang baik.

Mendidik Anak dengan kisah Rasulullah SAW

Banyak sekali kisah yang bisa kita ceritakan, seperti dongeng, tokoh heroik, dan kisah para nabi. Salah satu tokoh inspiratif yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi memiliki sifat dan perilaku yang baik adalah Rasulullah Saw

Berikut cara yang bisa kita ambil pembelajarannya dalam hal mendidik anak di antaranya adalah:

1. Cerita Tentang Pengemis Yahudi Yang Buta

Kisah yang sudah banyak diceritakan mengenai Nabi Muhammad SAW yang selalu menyuapi pengemis buta dengan sabar dan lemah lembut. Padahal pengemis tersebut terus saja menghina Nabi.

Hingga suatu ketika saat Rasulullah SAW  telah wafat, tugas menyuapi itu digantikan oleh Abu Bakar As Shidiq. Namun, pengemis itu merasakan perbedaan cara menyuapinya. Barulah saat itu dia sadar bahwa orang yang selama ini menyuapinya dengan lemah lembut adalah orang yang dia hina sepanjang waktu.

Dari cerita ini bisa kita ambil pelajaran baik untuk anak bahwa dalam kehidupan sehari-hari harus tetap bersikap lemah-lembut dan berbuat baik kepada siapapun. Serta mencoba untuk memaafkan serta tak menyimpan dendam pada sesama.

2. Cerita Tentang Memerdekakan Budak

Rasulullah SAW memiliki ketulusan hati untuk memerdekakan budak dan membantu orang lain. Tentunya sifat ini juga perlu kita ajarkan kepada anak untuk membantu sesamanya, terutama yang sedang membutuhkan bantuan.

3. Cerita Nabi Berjuang Sejak Kecil

Cerita tentang Nabi Muhammad SAW saat berdagang Rasulullah mulai berdagang di usia 12 tahun saat ikut pamannya berdagang ke negeri Syam. Saat berdagang ini, Nabi Muhammad SAW sudah terkenal dengan sifatnya yang jujur, penuh perhitungan, dan profesional.

Itulah beberapa kisah Nabi Muhammad SAW yang bisa menjadi teladan bagi anak-anak untuk meniru sifat baiknya. Yuk, Kita semua mulai ajarkan sifat-sifat baik ini kepada Si Kecil. (Yan)

Sumber : haibunda.com

  • Bagikan