Seleksi Komisioner KI dan Pelaksanaan Seleksi KPID Sulawesi Tengah

  • Bagikan
kadis kominfo sulteng faridah lamarauna menggelar podcast yang membahas tentang kelanjutan seleksi komisioner komisi informasi (KI) dan peran komisioner komisi penyiaran indonesia daerah (KPID)
Kadis Kominfo Sulteng Faridah Lamarauna, SE., M.Si bersama Host Saraba Chanel Muhammad Arif dan Tim Saraba Chanel./Foto Istimewa

PALU.INDOtayang.COM,–  Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika(Kominfo), Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Podcast yang membahas tentang Kelanjutan Seleksi Komisioner Komisi Informasi (KI) dan peran Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan itu, dihadiri langsung oleh Kadis Kominfo Sulteng Faridah Lamarauna, SE, M.Si bersama Host Saraba Chanel Muhammad Arif  dan Tim Saraba Chanel.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Diskominfo Provinsi Sulteng. Kamis, (14/10/21).

Penjelasan Kadis Kominfo Provinsi Sulteng

Kadis Kominfo Provinsi Sulteng Faridah Lamarauna, SE, M.Si menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu, Komisi 1 DPRD Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 15 orang peserta.

“Sampai saat ini, hasil seleksi yang memuat nama-nama calon Komisioner Komisi Informasi belum kami terima.” Ucap nya

Beliau juga menambahkan bahwa dari 15 orang peserta nantinya akan ditetapkan 5 orang yang akan menjadi komisioner.

Dan yang terpenting, dari 5 orang yang terpilih selaku komisioner, terdapat 1 orang yang merupakan unsur Pemerintahan dan sisanya adalah dari unsur masyarakat.

“Setelah hasil seleksi kami terima, tentunya akan kami umumkan kepada publik melalui media cetak dan media massa selama 3 hari berturut-turut, setelah di umumkan,

Selanjutnya Gubernur Provinsi Sulteng akan menetapkan Komisioner terpilih melalui SK.

Dan kemudian akan kita lakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan anggota Komisi Informasi Periode 2021-2024.” imbuhnya

Tugas dan Tanggung Jawab KPID

Pada kesempatan podcast juga, Farida Lamarauna, SE., M.Si juga menjelaskan tugas lembaga KPID adalah melakukan pengawasan program siaran oleh lembaga penyiaran dan memberikan teguran apabila melakukan pelanggaran.

“Perlu saya tegaskan bahwa KPID bukan lembaga untuk menyensor program siaran televisi atau radio.

karena yang memiliki kewenangan untuk menyensor siaran televisi atau radio adalah industri penyiaran itu sendiri.” Tutur Kadis Kominfo Provinsi Sulteng Faridah Lamarauna.

Selanjutnya, pelaksanaan seleksi KPID Provinsi Periode 2021-2024 terdiri dari beberapa tahapan yaitu :

Pertama, tahapan penerimaan pendaftaran dan seleksi berkas, berlangsung selama 30 hari atau berakhir pada Minggu pertama bukan November 2021.

Kedua, Peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti uji kompetensi secara tertulis dan psikotes yang agendanya pada Minggu ke-2 bulan November 2021.

Ketiga, Pengumuman hasil uji kompetensi rencananya pada Minggu pertama bulan Desember 2021.

Keempat, Kita lakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap peserta yang lulus uji kompetensi yang agendanya Minggu ke-3 bulan Desember 2021.

Kelima, pada Minggu ke-4 bulan Desember 2021, nama-nama Komisioner KPID Periode 2021-2025 sudah dapat kita tetapkan.

Lanjut, Sesuai UU No. 32 Tahun 2002 menyebutkan bahwa tugas dan fungsi KPID adalah lembaga independen yang menjamin masyarakat untuk memperoleh informasi

Dan mewujudkan partisipasi masyarakat dalam penyiaran.

“Pengumuman pelaksanaan kegiatan seleksi KPID sudah kami umumkan melalui media cetak dan media elektronik

Sehingga masyarakat kita harapkan dapat berpartisipasi pada seleksi tersebut.” Tutur Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sulawesi Tengah(Yan)

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

  • Bagikan