Prediksi Pertarungan Semifinal Badminton Antara Indonesia Vs Denmark

  • Bagikan
semifinal badminton antra indonesia dengan denmark pada kompetisi piala thomas/uber di gelar ceres arena aarhus denmark
Piala Thomas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Denmark pada babak semifinal Piala Thomas 2020. bertanding di Ceres Arena, Aarhus/Gambar : Istimewa

SULAWESI.INDOtayang.COM,– Tim Piala Thomas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Denmark pada babak semifinal Piala Thomas 2020. Bertanding di Ceres Arena, Aarhus, pada Sabtu, 16 Oktober 2021, pukul 18.00 WIB, pertarungan pada nomor tunggal putra diprediksi akan menentukan tim yang bakal melaju ke babak final.

Indonesia maju ke semifinal setelah mengalahkan Malaysia 3-0 Ceres Arena (15/10/21). Sedangkan Denmark lolos dengan menyingkirkan India 3-1. Di babak penyisihan grup, Indonesia dan Denmark sama-sama menjadi juara grup.

Denmark akan menjadi batu sandungan pada semifinal ini. Bagi Indonesia untuk mengakhiri puasa gelar Piala Thomas yang terakhir diraih pada 2002. Denmark pernah sekali juara di Piala Thomas pada 2016 dengan mengalahkan Indonesia pada partai final. Indonesia sendiri merupakan tim yang paling sering juara, yakni 13 kali.

Prediksi Strategi Denmark pada Game Pertama

Denmark diperkuat sejumlah pemain berpengalaman. Viktor Axelsen, tunggal utama mereka, saat ini menempati ranking 2 dunia. Berkaca pada pertandingan melawan India, peraih medali emas Olimpiade Tokyo itu kemungkinan bakal turun di nomor tunggal pertama. Ia bakal menghadapi tunggal terbaik Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, peringkat 5 BWF.

Berdasarkan rekor pertemuan, Ginting dan Axelsen sama-sama saling mengalahkan dengan rekor pertemuan berimbang 4-4 dari delapan pertemuan. Namun, pada dua partai terakhir tahun ini, Ginting harus mengalami kekalahan saat berjumpa Axelsen di Thailand Open dan BWF World Tour Finals.

Melihat rekor itu, Axelsen bukan tidak bisa dikalahkan. Ginting punya momentum positif seusai berhasil menang atas Lee Zii Jia, wakil Malaysia, di babak perempat final. Jika bisa meminimalisasi kesalahan sendiri dan menerapkan rencana permainannya, Ginting bisa memberi kejutan saat menghadapi Axelsen.

Prediksi Strategi Denmark pada Game Kedua

Pemain Denmark lainnya, Anders Antonsen, yang menghuni peringkat 3 dunia, kemungkinan akan maen pada nomor tunggal kedua. Ia kemungkinan bakal menghadapi Jonatan Christie, peringkat 7 dunia. Meski kalah secara peringkat, berdasarkan catatan BWF, Jonatan memiliki rekor keenangan yang lebih baik. Dari tujuh pertemuan sebelumnya, Jonatan mampu menang 4 kali.

Namun, Jonatan perlu waspada dengan performanya. Di babak perempat final, ketika Antonsen bisa dengan mudah memupus harapan wakil India, Sai Praneth dengan dua gim langsung, Jonatan justru keteteran ketika menghadapi wakil Malaysia peringkat 82 dunia, Ng Tze Yong. Jonatan harus main tiga gim untuk memastikan kemenangan Indonesia 3-0 atas Malaysia.

Di nomor tunggal ketiga, Indonesia kemungkinan bakal tetap bergantung pada Shesar Hiren Rhustavito, peringkat 19 dunia. Ia bakal head to head dengan tunggal putra terbaik ketiga Denmark, Rasmus Gemke, yang tak sempat turun melawan India. Wakil Denmark itu bertengger di peringkat ke-12 BWF.

Shesar dan Gemke baru sekali bertemu, yaitu pada ajang All England 2020. Kala itu, Shesar harus menyerah setelah melakoni tiga gim dengan skor 21-18, 13-21, dan 19-21. Dengan head to head secara peringkat di nomor tunggal putra, Denmark jelas lebih  masuk unggulan untuk memetik poin dari para pemain terbaiknya.

Berikutnya Harapan di Nomor Ganda Putra

Harapan meraih poin lebih besar di sektor ganda. Indonesia memiliki Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo yang merupakan pasangan nomor satu dunia. Minions kemungkinan bakal menghadapi ganda pertama Denmark, Anders Skaarup Rasmussen / Kim Astrup yang saat ini menghuni peringkat 11 dunia di Ceres Arena.

Ganda putra Matcus Gideon dan kevin sSanjaya saat berhadapan dengan Aaron Chia/ Soh Wooi Yik pada permpat final piala thomas, Jumat 15 oktober 2021. Pasangan berjuluk the Minions ini menang dengan skor 21-17,16-21 dan 21-15.

Di nomor ganda putra kedua, jika Daddies, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan tak turun, Indonesia memiliki Fajar Alfian Muhammad Rian Ardianto, yang kini berada di peringkat 7 dunia. Mereka kemungkinan bakal berduel dengan Mathias Christiansen / Frederik Sogaard yang berhasil menjadi penentu kemenangan Denmark atas India.

Sebab itulah, partai Indonesia vs Denmark kemungkinan bakal menjadi pertaruhan kedua tim di nomor tunggal putra. Jika mampu merebut poin pertama melalui Anthony Ginting, Indonesia bisa berharap menjejakan kakinya di final Piala Thomas 2020.

Dalam pertemuan sebelumnya di turnamen badminton Piala Thomas, Indonesia dan Denmark pernah saling mengalahkan. Pada final 2016, Denmark menang 3-2. Pada final 1996, Indonesia menang 3-0. Sedangkan pada semifinal 2002, Indonesia menang 3-0 (Yan).

Sumber : Tempo.coM

  • Bagikan