Pemerintah Berencana Menaikkan Tarif Cukai Rokok Pada Tahun 2022

  • Bagikan
pemerintah berencana menaikan cukai rokok
Pemerintah Berencana Menaikkan Tarif Cukai Rokok Pada Tahun 2022, kenaikan tarif cukai untuk mengendalikan konsumsi rokok di dalam negeri/ Foto: Istimewa

SULAWESI, INDOtayang.COM,— Pemerintah berencana menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok pada tahun 2022. Pemerintah beralasan, kenaikan tarif cukai dilakukan untuk mengendalikan konsumsi rokok di dalam negeri.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pemerintah masih terus mengkaji beberapa aspek yang menjadi landasan penetapan tarif CHT tahun depan.

Targetnya, kajian tersebut rampung bulan ini sehingga biaya cukai hasil tembakau (CHT) untuk tahun 2022 bisa kita akomodir lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Pemerintah Sedang Siapkan Aturan Cukai Rokok

“Saat ini masih kita review internal pemerintah dan mudah-mudahan, Insha Allah, bulan ini bisa kita selesaikan setelah  pimpinan menetapkan pengesahannya ,” kata Askolani dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (25/10/2021).

Askolani berujar, pengkajian kita lakukan sesuai dengan kebijakan yang akan kita laksanakan pada tahun 2022. Hal ini selaras dengan pembahasan dalam UU APBN 2022 yang sudah final.

Adapun target penerimaan cukai dalam UU APBN tahun 2020 sebesar Rp 203,92 triliun. Target tersebut naik sekitar 13,2 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp 180 triliun.

“Ini sejalan dengan kebijakan yang akan kita laksanakan pada 2022 dan ini juga sejalan dengan pembahasan kita dalam UU APBN 2022 yang telah DPR tetapkan bersama” beber Askolani.

Sebelumnya, Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan. Nirwala Dwi Heryanto mengungkapkan, pemerintah akan secepatnya merilis tarif CHT.

Hal ini kita tujukan agar para pengusaha hasil tembakau bisa mempersiapkan kenaikan yang berlaku.

Begitupun lebih mampu menyiapkan target produksi rokok di tahun 2022.

“Bagi perusahaan lebih mudah melakukan forecasting untuk tahun 2022, dan kami penyiapan pita cukainya pun tertata rapi,” beber Nirwala beberapa waktu lalu (Yan).

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan