Masyarakat Umum Bisa Gunakan Nopol RFS seperti Rachel Vennya

  • Bagikan
rachel vennya
Polisi memastikan bahwa penggunaan nomor polisi (nopol) B 139 RFS pada mobil Alphard milik selebgram Rachel Vennya, bukan milik pejabat/Foto: Istimewa

SULAWESI, INDOtayang.COM,— Polisi memastikan bahwa penggunaan nomor polisi (nopol) B 139 RFS pada mobil Alphard milik selebgram Rachel Vennya bukan nomor khusus kendaraan pejabat.

Seperti kita ketahui, nomor kendaraan berkode RFS merupakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk pejabat negara yang seperti peraturan kepolisian.

Selanjutnya, Aturan itu tertuang pada Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas.

Perbedaan Nopol RFS Umum dan Nopol RFS Pejabat

Pelat berkode RFS milik pejabat khusus terdiri dari empat angka dengan awalan angka satu.

Sementara itu, nopol mobil yang Rachel Vennya gunakan hanya terdiri dari tiga angka

Merupakan nomor pilihan dan bisa pesan oleh masyarakat umum.

“Tiga angka bukan pelat istimewa. Itu umum yang bisa masyarakat miliki, namanya pelat dengan nomor pilihan,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Rabu (27/10/2021).

Argo menjelaskan, masyarakat yang ingin mendapatkan nomor kendaraan pilihan dapat memesan dengan membayar tarif pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Pembayaran tarif PNBP telah ada dalam aturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016

Adapun besaran tarif PNBP berbeda-beda, biasanya sesuai dengan angka nopol permintaan pemohon.

Sementara itu, “Bayar PNBP sesuai jumlah angka. Kalau satu angka Rp 15 juta, dua angka Rp 10 juta, dan tiga angka Rp 7,5 juta. Bisa pesan asal belum ada yang menggunakan,” kata Argo.

Selanjutnya, Argo menegaskan pembayaran PNBP untuk nopol pilihan juga berbeda dengan pajak tahunan kendaraan yang sesuai dengan harga pembelian dan kapasitas kecepatan kendaraan.

Dan, “Yang membedakan pajak kendaraan. Misal 2000 cc, semakin tinggi, semakin mahal. Tapi kalau pajak nomor pilihan itu sesuai angka itu,” kata Argo. (Yan)

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan