Untuk Meningkatkan Kompetensi SDM Koperasi, Pemkab Gowa berikan Pelatihan

  • Bagikan
koperasi
Pemkab Gowa Memberikan pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian dan kapasitas kompetensi SDM koperasi, Selasa (2/11)/ Foto : Istimewa

GOWA, INDOtayang.COM— Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa menyelenggarakan pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM koperasi, Selasa (2/11).

Kegiatan yang pesertanya mencapai  30 anggota koperasi ini kita laksanakan dalam Gedung Tumanurung Adi Jaya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Sekda Kabupaten Gowa, Kamsina saat membuka acara ini mengatakan” pelatihan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menciptakan koperasi yang berkualitas”.

Kegiatan Rutin Pemkab Gowa

“Setiap tahunnya kami memprogramkan pembinaan dan bimbingan SDM pengelola koperasi. Hal ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah dalam menciptakan koperasi yang berkualitas serta penguatan kompetensi SDM bagi pengurus koperasi,” ujarnya.

Menurut Kamsina, saat ini di Kabupaten Gowa hingga tahun 2020 terdapat 552 unit koperasi yang tersebar di 18 kecamatan. Angka tersebut bagi Kamsina menjadi penanda bahwa minat masyarakat untuk membentuk koperasi semakin tinggi.

“Kabupaten Gowa memiliki prospek untuk pengembangan koperasi. Oleh karena itu, koperasi harus bangkit dengan cara menghimpun kekuatan serta menjalin kerjasama antara koperasi dan lebih meningkatkan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil maupun pelaku usaha mikro,” jelasnya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi pengurus, pengelola koperasi tentang laporan keuangan koperasi dalam hal ini pembuatan neraca koperasi,” tambahnya.

Pada kesempatan ini hadir sebagai pemateri yaitu:

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa, Andy Azis Pieter

Dan Juga, Fungsional Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Kamaruddin.

Harapan Pemkab Gowa

Oleh karena itu, Ia juga berharap agar pegelola koperasi yang hadir dalam pelatihan ini bisa mengikuti dan menyimak dengan baik seluruh materi yang disampaikan.

Sebab, materi penting untuk pengembangan perkoperasian ke depan yang akan berdampak pada kesejahteraan anggota dan masyarakat umum.

Sementara itu, Kepala seksi bidang kelembagaan kasi advokasi dan hukum dinas koperasi dan UKM selaku Ketua Panitia Pelaksana

Zulfikar Kamaruddin dalam laporannya menyebutkan “kegiatan ini dimaksud untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, kapasitas dan keterampilan serta memperbaiki sikap SDM koperasi dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing.” (Yan)

Sumber : Sindonews.com

 

  • Bagikan