Arti Syirkah Dalam Agama Islam Beserta Pemahamannya

  • Bagikan
syirkah
Pengertian syirkah berhubungan dengan bisnis dan usaha. Istilah ini berasal dari bahasa Arab yang artinya sekutu atau muamalah bersama/Foto: Istimewa

SULAWESI, INDOtayang.COM— Pengertian syirkah berhubungan erat dengan bisnis atau usaha. Istilah ini berasal dari bahasa Arab yang artinya sekutu. Syirkah merupakan salah satu jenis muamalah bersama dengan jual beli, murabahah, sewa menyewa, dan utang piutang.

Muamalah sendiri memiliki arti  aturan-aturan yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam kaitannya dengan cara memperoleh dan mengembangkan harta benda.

Sementara Itu, Dalam ilmu muamalah pengertian syirkah adalah suatu akad di mana dua pihak yang melakukan kerja sama dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Pengertian syirkah dipahami juga sebagai akad kerja sama. Ada berbagai macam syirkah yang perlu kamu pahami. Istilah syirkah sudah dipakai oleh Rasulullah SAW sebagai bagian dari perniagaan pada masa itu. Perniagaan yang erat kaitannya dengan harta rampasan perang.

Melansir dari liputan6, Senin (8/11/2021), berikut tentang arti syirkah.

Syirkah berasal dari bahasa Arab, yang kata dasarnya adalah syarika, yashruku, syarikan, syarikatan yang memiliki arti sekutu. Sekutu akan memberikan makna percampuran dua bagian atau lebih yang tidak boleh kita bedakan lagi satu dengan lainnya.

Dalam ilmu muamalah

Pengertian syirkah adalah suatu akad di mana dua pihak yang melakukan kerjasama dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Selain itu, pengertian syirkah juga bisa kita maknai sebagai mencampurkan dua bagian menjadi satu, sehingga tidak bisa kita bedakan antara satu dengan yang lainnya.

Selanjutnya, Syirkah dalam ajaran Islam memang lebih dekat dengan bidang bisnis. Istilah ini pun lebih populer yang berarti dengan akad kerja sama.

Pengertian syirkah adalah akad kerja sama antara dua orang atau lebih yang keuntungan dan kerugiannya sepakat menjadi tanggung jawab bersama.

Syirkah sudah  Nabi Muhammad SAW ajarkan sejak dulu kala. Jika kita kupas dari segi bahasa, pengertian syirkah adalah bentuk persekutuan dua pihak atau lebih.

Selanjutnya, Hubungannya dengan masa Rasulullah SAW masih hidup, pengertian syirkah adalah perniagaan. Dapat kita artikan pula, pengertian syirkah adalah akad kerja sama untuk membagi perniagaan yang kita dapat dari perang.

Dan juga hubungannya dengan masa sekarang, pengertian syirkah lebih merujuk pada bisnis atau usaha milik bersama. Syirkah memiliki beberapa rukun.

Adapun rukun syirkah secara islam di antaranya barang harus halal, objek akad harus pekerjaan dan modal, dan pihak pelaku akad harus memiliki kecakapan melakukan pengelolaan harta. (Yan)

Sumber : Liputan 6

  • Bagikan