5 Tips Promosi Marketing Sosial Media Bagi Pelaku UMKM di Masa Kini

  • Bagikan
umkm
Bagi pelaku UMKM yang ingin mempromosikan produk UMKM bisa memanfaatkan marketing media sosial sebagai salah satu media promosi produk/Foto: Istimewa

SULAWESI, INDOtayang.COM — Bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang beralih ke digital, pastinya membutuhkan waktu untuk beradaptasi serta memilih cara terbaik untuk promosi produk UMKM mereka.

Kamu bisa memanfaatkan marketing media sosial sebagai salah satu media promosi produk.

Tetapi, kamu pasti membutuhkan tips dalam melakukan social media marketing agar tidak mengalami kesulitan.

Nah dalam ulasan ini, berikut adalah tips yang bermanfaat untuk pelaku UMKM mengenai social media marketing. Simak lebih lanjut, ya!

1. Tentukan tujuan bisnis secara jelas

Sebelum memulai sosial media marketing lebih mendalam, kamu perlu memahami dan mengetahui tujuan dari bisnis yang sedang kamu jalani secara jelas dan detail.

Misalnya, kamu perlu melakukan social media campaign yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang kamu jual kepada khalayak umum.

Selain itu, tentukan tujuan pasar bagi produk yang kamu jual serta potensi seberapa banyak produk akan terjual hingga peminat produk akan seberapa besar.

2. Tentukan target pasar dari produk yang kamu jual

Dalam menekuni sosial media marketing, kamu perlu menentukan target pasar yang tepat dan sesuai sasaran.

Sebab setiap bisnis yang sedang dijalani oleh pelaku UMKM atau pebisnis pasti memiliki target pasar tertentu dan berbeda-beda.

Kamu bisa kumpulkan beberapa informasi dalam menentukan target pasarmu, seperti lokasi, jenis kelamin, usia, dan lainnya.

Informasi ini sangat berguna untuk pembuatan konten agar calon pembeli tertarik dengan produk kamu jual.

3. Pilih platform yang sesuai

Terdapat berbagai jenis platform media sosial yang dapat kamu temukan di internet untuk berjualan. Namun kamu harus memilih platform yang sesuai secara tepat agar tidak membuang banyak waktu.

Kamu bisa memilih berdasarkan target pasar yang telah kamu tentukan sebelumnya. Misalnya, jika target pasarmu anak muda, maka kamu bisa memilih media sosial seperti Twitter atau Instagram.

Jika target pasarmu orang tua, maka lebih tepat memilih Facebook.

4. Buat iklan yang menarik bagi konsumen

Setelah mengetahui tujuan, target pasar, dan penentuan media sosial; kamu perlu membuat iklan yang menarik bagi calon konsumenmu.

Usahakan promosi produk UMKM iklan yang dibuat menampilkan visual yang menarik agar bisa memberikan pengaruh bagi para penonton.

Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai beberapa hal yang sedang tren atau kekinian sehingga kamu bisa memilih mana yang cocok dengan produk kamu dan masukkan dalam konten untuk membuat iklan.

  • Bagikan