Luhut Binsar Pandjaitan : Kasus Covid-19 di Manado Bukan Omicron

  • Bagikan
omicron
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memastikan dugaan kasus covid-19 di Manado, Sulawesi Utara, bukan akibat varian Omicron./ Foto : Istimewa

SULAWESI UTARA, INDOtayang.COM— Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan dugaan kasus covid-19 di Manado, Sulawesi Utara, bukan akibat varian Omicron. Temuan kasus Omicron hanya di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Manado tidak Omicron. Yang Omicron hanya di Wisma Atlet dan sudah kita seal,” kata Luhut dalam telekonferensi Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.

Luhut Binsar pandjaitan mengatakan informasi terbaru itu penting untuk disampaikan. Supaya masyarakat tidak menduga-duga apalagi menyebar hoaks.

Tanggapan Menteri Kesehatan

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersyukur temuan kasus Omicron Indonesia terjadi di tempat karantina. Sehingga pemerintah bisa mengambil langkah cepat dan Omicron tidak meluas di masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah melakukan sequencing terhadap lima kasus dugaan Omicron.

Sampel lima orang ini sudah dapat pemeriksaan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Terdiri dari dua warga negara Indonesia (WNI) di Wisma Atlet, dan tiga warga negara asing (WNA) di Manado, Sulawesi Utara.

Dua Warga Negara Indonesia (WNI) di Wisma Atlet terkonfirmasi terpapar varian Omicron pada Jumat, 17 Desember 2021. Sedangkan tiga Warga Negara Asing (WNA) dari Tiongkok di Manado, dinyatakan bukan terpapar varian anyar tersebut. (Yan)

Sumber : Medcom

  • Bagikan